Pantai Amed Bali yang Menyimpan Banyak Pesona

Pantai Amed Bali yang Menyimpan Banyak Pesona

Salah satu pantai yang memiliki keindahan alam yang mengagumkan adalah Pantai Amed Bali. Pantai tersebut berada di daftar pantai terfavorit se pulau dewata.

Pernah mendengar tentang Pantai Amed Bali? Pantai yang berada di sisi timur pulau Bali ini memiliki keindahan yang menakjubkan. Anda bisa menikmati keindahannya dengan cara lain. Anda bisa menghabiskan waktu libur dengan berwisata ke pantai tersebut. Berbagai macam kegiatan menyenangkan bisa dilakukan di pantai tersebut bersama dengan teman maupun keluarga. Tidak mau mencoba wahana yang basah-basahan juga tak apa. Penasaran apa saja detailnya? Simak ulasannya berikut ini.

7 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Pantai Amed Bali

1. Lokasinya

Hal dasar yang wajib Anda tahu mengenai Pantai Amed Bali adalah lokasi tempat tersebut. Pantai Amed terletak di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Untuk bisa kesana Anda harus menempuh perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali selama 3 jam. Jika dihitung dari Denpasar, jaraknya yaitu berkisar 78 km. Perjalanan tersebut tentunya menggunakan kendaraan. Apabila Anda membawa kendaraan pribadi tentunya akan lebih mudah. Tapi jika tidak maka Anda bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan memakai rental mobil Bali.

2. Pemandangan yang Mengagumkan

Berbeda dari pantai lain di sekitar Bali, Pantai Amed Bali memiliki pasir berwarna hitam. Namun warna pasir hitam tersebut tak memengaruhi keindahannya. Anda bisa memandangi sunrise maupun sunset bersama orang terdekat di pantai tersebut. Tersedia perahu untuk menikmati sunrise di tengah laut. Untuk masuk ke sana tidak dipungut biaya masuk. Anda hanya perlu membayar biaya untuk parkir kendaraan.

3. Mencoba Kapal Karam Kargo AS dan Kapal Liberty USAT

Tempat wisata Pantai Amed Bali menjadi tempat yang tepat untuk menikmati Tulamben. Anda bisa menikmatinya dengan memakai Kapal Karam Kargo AS dan Kapal Liberty USAT. Kapal perang Jepang yang tenggelam di tahun 1944 tersebut menjadi spot yang wajib Anda datangi. Untuk penyelaman bisa Anda lakukan di pagi hari dengan menggunakan kapal selam tradisional yang ada di sana. Di bawah sana pemandangan keindahan biota laut akan memanjakan mata pengunjungnya. Para pengunjung bisa menikmati memandang kura-kura, ikan tropis, taman karang, serta hiu ujung karang.

4. Menikmati Snorkeling dan Diving

Pantai Amed Bali juga bisa menjadi surganya snorkeling dan diving terutama di Teluk Jemeluk. Hal itu tak terlepas dari terumbu karangnya yang membentang di sepanjang teluk. Di sana Anda bisa menjumpai pasir putih dengan arus air laut yang tenang dibanding pantai lain yang gelombangnya lebih besar. Disana terdapat juga sebuah pura di bawah laut dengan kedalaman 5 m.. Pura tersebut menjadi spot favorit untuk mengambil foto pengunjung. Pura tersebut letaknya perisi di depan Blue Star Cafe dan Bungalows.

Kebanyakan penyelam menyukai pantai ini karena airnya yang terbilang jernih. Sambil menyelam Anda bisa melihat beberapa hewan laut seperti ikan banner, damselfish, ikan kakap hitam, ikan kardinal, trigger fish, hingga kupu-kupu piramida. Biota lautnya yang indah akan membuat Anda betah berlama-lama di sana. Untuk Anda yang tak memiliki atau membawa peralatan snorkeling ataupun diving, tersedia penyewaannya di sana. Peralatan seperti jaket pelampung bisa disewa dengan biaya yang tak mahal. Jika butuh guide atau pemandu pengunjung juga bisa menyewa jasa pemandu yang sudah terlatih dan profesional.

5. Petani Garam Tradisional

Jika Anda bosan mencoba permainan air yang tersedia di Pantai Amed Bali coba saja melihat proses pembuatan garam secara tradisional di sekitar sana. Penduduk sekitar mayoritas mata pencahariannya adalah nelayan, peternak, serta petani garam. Anda bisa melihat proses pembuatan garam yang berasal dari air laut yang dikeringkan.

Air laut tersebut akan disaring dan dimasukkan ke selongsong batang pohon kelapa. Nantinya selongsong tersebut akan dijemur di bawah matahari. Jika sudah kering maka petani akan memanen kristal garam putihnya. Pengunjung bisa membeli paket garam tersebut. Bagi Anda yang penasaran lebih detailnya bisa tanyakan pada petani garam. Petani garam tersebut tidak sungkan untuk menjelaskan tahap produksi garam pada pengunjung.

6. Wisata Lain di Pantai Amed Bali

Selain snorkeling terdapat wisata lain di sekitar pantai tersebut. misalnya saja memancing. Tersedia perahu kayu tradisional yang dipakai untuk fishing charter. Perahu tersebut dinamakan dengan jukung. Selain memancing Anda juga bisa mencoba pijat tradisional Bali. Pijat tersebut akan dilakukan oleh para wanita Bali yang sudah terampil dan terlatih. Jadi Anda bisa sekejap mengistirahatkan tubuh maupun pikiran. Ingin mencoba tempat wisata lainnnya di sekitar pantai? Coba saja pergi ke Taman Air Tirta Gangga ataupun Kuil Goa Lawah. Akan tetapi dua tempat wisata tersebut akan memakan selama kurang lebih dua setengah jam.

7. Penginapan dan Tempat Makan Sekitar Pantai Amed Bali

Ingin bermalam saat liburan di sana? Tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa penginapan baik yang berupa home stay ataupun villa megah, bungalow, dan tempat makan yang bervariasi. Anda bisa memilih sesuai dengan budget yang ada, mau yang ramah di kantong ataupun makanan berstandar internasional semuanya ada. Anda bisa mencoba masakan Bali ataupun makanan olahan hasil laut berupa ikan segar dan sebagainya. Deretan penginapan dan tempat makan tersebut tentunya akan memudahkan liburan Anda.

Ketujuh poin tersebut menjadi hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk datang ke Pantai Amed Bali. Pantai tersebut bisa menjadi pilihan jika Anda sudah bosan dengan pantai yang itu-itu saja di Bali. Semoga informasi tersebut bisa berguna bagi Anda.